Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dalam Mengajukan KTA

Keuntungan KTA

Seiring dengan berjalannya waktu, sepertinya masyarakat sudah semakin dipermudah dalam melakukan berbagai hal. Teknologi dan dunia digital tidak lagi digunakan hanya untuk mencari solusi, melainkan juga sebagai pemecah permasalahan dalam berbagai hal, salah satunya seperti permasalahan finansial. Setiap keluarga ataupun setiap individu setidaknya sekali di dalam hidupnya pernah mengalami yang namanya permasalahan finansial. Contohnya saja seperti membutuhkan modal untuk bisnis, membutuhkan dana darurat untuk pengobatan rumah sakit, dan masih banyak lagi.

Hal-hal tak terduga seperti itu terkadang membuat kita menjadi putus asa untuk mencari jalan keluarnya. Pada akhirnya, solusi yang digunakan ialah meminjam dana kepada sanak saudara, teman, atau anggota terdekat. Padahal saat ini, cara seperti itu sudah menjadi cara lama. Hadirnya lembaga pinjaman online ataupun fasilitas yang disediakan oleh pihak perbankan membuat berbagai permasalahan menjadi lebih cepat terselesaikan.

Banyak orang yang masih ragu untuk mengajukan pinjaman melalui lembaga pinjaman online, karena merasa kurang aman dan masih maraknya penipuan berkedok pinjaman online (pinjol) yang sering kali terjadi. Padahal, jika lebih berhati-hati lagi, penipuan tersebut bisa dicegah dan diatasi dengan mudah kok. Hanya saja, anda sebagai nasabah memang perlu menjadi lebih kritis dan waspada dalam memilih lembaga pinjaman online mana yang aman dan terpercaya. Jika ditelisik lebih jauh lagi, banyak sekali keuntungan dari mengajukan pinjaman melalui lembaga pinjol.

Selain lebih menghemat waktu dan tenaga, mengajukan pinjaman online juga cenderung lebih sederhana dan cepat. Anda tidak perlu mempersiapkan waktu khusus untuk datang ke bank, hanya dengan duduk manis di depan komputer ataupun ponsel, anda sudah bisa mendapatkan pinjaman dengan jangka waktu pencairan yang hanya dalam hitungan jam atau hari. Selain itu, lembaga pinjol pun juga sering kali menyediakan fasilitas pinjaman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing nasabah, sehingga setiap nasabah bisa bebas memilih jenis pinjaman yang mereka inginkan, salah satunya yaitu seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Bagi yang belum tahu, KTA merupakan jenis pinjaman yang tidak memberlakukan jaminan ketika mengajukan. Sangat cocok bagi yang tengah membutuhkan modal untuk usaha ataupun dana darurat yang hanya tinggal menunggu jam atau hari dalam masa pencairannya. Banyak yang memilih KTA sebagai pemecah permasalahan finansial yang mereka hadapi karena dibandingkan Kredit dengan Agunan, KTA memiliki prosedur dan persyaratan yang lebih cepat. Namun, KTA itu sendiri juga memiliki kelebihan dan kekurangannya lho. Bagi kamu yang ingin mengajukan KTA, yuk ketahui dulu kelebihan dan kekurangan dari KTA ini.

(Baca juga: Cara Pengajuan KTA Digibank untuk Pemula)

Kelebihan

1. Tidak Membutuhkan Jaminan

Sesuai dengan namanya, pengajuan KTA sama sekali tidak membutuhkan jaminan. Maka dari itu, bila anda tengah membutuhkan dana darurat dalam hal apapun, mengajukan KTA bisa dijadikan sebagai solusi paling tepat. Ketika mengajukan KTA, anda tetap bisa memiliki properti ataupun aneka ragam perhiasan yang anda miliki tanpa dimintai jaminan apapun. Hanya saja, perlu diingat bahwa walaupun tidak membutuhkan jaminan, anda tetap harus membayar secara teratur, agar kedepannya ketika anda tengah membutuhkan kredit kepada pihak bank, maka anda akan diberikan kemudahan. Selain itu, pihak bank juga tidak akan segan untuk memberikan berbagai fasilitas atau bonus jika di lain waktu anda akan kembali mengajukan pinjaman.

Ketika terjadinya kemacetan terhadap cicilan kredit, memang pihak bank tidak akan bisa menyita barang jaminan anda, namun, justru ada kemungkinan bila nama anda akan dimasukan ke dalam list negatif atau blacklist sebagai pertimbangan mereka jika anda ingin untuk mengajukan kredit kembali.

2. Lebih Fleksibel

Dengan mengajukan pinjaman KTA, anda bisa menggunakan dana pinjaman tersebut dengan berbagai keperluan. Pengajuan KTA tidak memberikan batasan mengenai tujuan anda dalam mengajukan pinjaman dan cenderung memberikan kebebasan, mulai dari keperluan yang sangat penting hingga keperluan konsumtif pun anda tetap bisa mengajukan KTA. Hanya saja, gunakanlah dana pinjaman tersebut sesuai dengan kemampuan anda dalam membayar yang tentunya telah ditentukan diawal. Jangan sampai cicilan anda mengalami kemacetan.

3. Proses Pengajuan yang Sangat Cepat

Pengajuan KTA dikenal memiliki prosedur yang sangat cepat dan mudah. Berbeda dengan mengajukan kredit dengan agunan yang memerlukan survey hingga evaluasi aset jaminan, pengajuan KTA bahkan saat ini sudah bisa dilakukan melalui online yang sudah banyak disediakan oleh beberapa pihak perbankan. Selain itu, pencairan dana KTA pun juga cenderung sangat cepat, yakni kurang dari seminggu. Sangat cocok bagi anda yang tengah membutuhkan dana darurat atau dana cepat cair.

Kekurangan

1. Suku Bunga yang Cenderung Lebih Tinggi

Dikarenakan pengajuan KTA memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan kredit dengan agunan, maka suku bunga yang ditetapkan pun memang jauh lebih tinggi. Anggap saja bahwa suku bunga tersebut sebagai pengganti dari tidak diberlakukannya agunan atau jaminan. Selain itu, suku bunga yang ditetapkan pun juga cenderung lebih flat atau tetap dari awal peminjaman hingga akhir pelunasan, yang biasanya suku bunga itu sendiri bisa mencapai sekitar 2,5%.

2. Peminjaman Didasari oleh Profesi dan Penghasilan

Biasanya, pihak perbankan hanya akan memberikan pinjaman bagi pegawai tetap, karyawan tetap, profesional dan pengusaha yang memiliki penghasilan tetap setiap bulannya, yang setidaknya memiliki memiliki gaji minimal sekitar Rp. 2 juta.

Anda ingin mengajukan KTA tetapi bingung memiliki tempat yang aman dan terpercaya? Yuk ajukan saja KTA mu di CekAja.com. Selain sudah terdaftar di OJK, anda juga bisa melakukan perbandingan mengenai jenis-jenis pinjaman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan diri anda masing-masing. Memiliki prosedur dan persyaratan yang sangat mudah, anda dapat mengandalkan KTA dalam berbagai permasalahan finansial yang anda hadapi.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *